
Konten kreator Eddy wijaya dalam kuliah tamu EdShareOn “Dapur Kreator” di perpustakaan Politeknik Tempo pada Selasa, 21, Oktober 2025
Politeknik Tempo, Jakarta – Politeknik Tempo menggelar kuliah tamu “Dapur Kreator” yang menghadirkan Eddy Wijaya, dari program podcast EdShareOn. “EdShareOn” merupakan platform podcast inspiratif yang berdiri sejak tahun 2023 dengan fokus utama pada isu-isu sosial dan politik. Acara ini menghadirkan satu narasumber Eddy Wijaya Konten Kreator YouTube, yang dapat membuka wawasan, memberi semangat, menyalakan harapan bagi generasi muda, dan percaya bahwa setiap cerita memiliki kekuatan untuk menggerakan perubahan. Bertempat di perpustakaan politeknik tempo, acara ini sukses menyedot perhatian mahasiswa politeknik tempo dari berbagai jurusan yang ingin mendalami niat sukses di platform video terbesar, Selasa, 21 Oktober 2025.
Eddy tampil energik dan lugas di hadapan audiens, membedah tuntas dua sisi mata uang dari perjalanan seorang kreator. Dalam sesi tersebut, Eddy Wijaya menegaskan sebuah premis fundamental: Tidak ada kemenangan tanpa perjuangan. Eddy Wijaya juga menjelaskan, The Grind adalah tahap di mana kreativitas bertemu dengan kedisiplinan. “Saya tahu, kalian sebagai mahasiswa punya keterbatasan waktu, oleh karena itu proses ini harus efisien dan terstruktur. Jangan berharap konten viral kalau kalian belum all-in di empat tahap ini,” ujar Eddy.
Lebih lanjut, Eddy menekankan pentingnya market research spesifik YouTube. Ia menyarankan mahasiswa untuk mencari topik yang relevan dengan kehidupan kampus seperti, tips public speaking atau review alat kuliah yang dicari banyak orang. “YouTube itu mesin pencari kedua terbesar setelah Google. Kalau kalian tidak riset keyword dan judul, konten kalian akan tenggelam,” tegas Eddy. Ia memberikan tips praktis untuk menganalisis judul dan deskripsi video kompetitor, serta menemukan niche yang memiliki potensi long-term views.
Eddy mengingatkan untuk tidak mengabaikan thumbnail yang atraktif (clickbait positif), judul yang menjual, deskripsi yang informatif, dan tagar yang relevan. “Thumbnail itu gerbangnya. Judul itu iklannya. Dua hal itu menentukan click-through rate kalian,” kata Eddy. “Begitu konten tayang, kalian harus langsung responsif. Interaksi awal adalah sinyal positif ke algoritma dan membangun koneksi dengan komunitas kalian,” tambah Eddy.
Dengan wawasan dan strategi yang dibagikan Eddy Wijaya, para mahasiswa Politeknik Tempo diharapkan semakin siap dan termotivasi untuk berkarya di dunia kreator digital. Semangat, disiplin, dan riset yang matang menjadi kunci utama meraih kesuksesan di platform YouTube. Suasana kuliah tamu EdShareOn sangat menarik. Mahasiswa banyak maju. Dan banyak dapat hadiah juga. Acara ini menutup rangkaian EdShareOn Ngampus dengan penuh inspirasi dan harapan besar bagi generasi muda untuk terus berkarya dan berinovasi.
Oleh: Nayla Rizka & Fiola Paramita Santoso