WhatsApp Image 2024-04-16 at 15.51.35 (2)

HOAKS: Jokowi Akan Bagikan Speaker Bluetooth Gratis di Akhir Masa Jabatan

Unggahan Tiktok akun @/deyawa.seller6 dengan narasi “Jokowi akan bagikan speaker bluetooth di akhir masa jabatan kepada seluruh rakyat Indonesia. (Tangkapan layar/Tim KORSTE)

KORSTE, Jakarta – Sebuah video beredar di platform TikTok dengan narasi Presiden Jokowi akan membagikan speaker bluetooth secara gratis, sebagai kenang-kenangan di akhir masa jabatannya. Video ini diunggah oleh akun deyawa.seller6 pada tanggal 21 April 2024. Dengan jumlah disukai 34, 15 komentar dan 2.877 kali dilihat, sejak video tersebut diunggah. Namun, benarkah narasi tersebut?

PEMERIKSAAN FAKTA

Tim KORSTE melakukan penelusuran dengan menggunakan layanan reverse image dan pencarian dengan menggunakan kata kunci “Jokowi membagikan speaker bluetooth gratis” di mesin pencarian Google. Hasilnya ditemukan, artikel dengan potongan gambar yang sama dengan unggahan TikTok tersebut. Artikel tersebut diunggah oleh CNN Indonesia pada 1 Mei 2024, “Jokowi di Hari Buruh: Setiap Pekerja adalah Pahlawan Perekonomian”.  Melansir CNN Indonesia, foto tersebut diambil dari unggahan Biro Pers Sekretariat Presiden, saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Pabrik PT Maspion, Sidoarjo, Jawa Timur pada 27 Desember 2023.

(tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Tim KORSTE juga melakukan pengecekan dengan suara Jokowi dengan menggunakan Hive Moderation. Hasilnya, probabilitas suara Jokowi yang ada pada video Tiktok tersebut, dihasilkan oleh kecerdasan buatan atau AI mencapai 69.8%.

KESIMPULAN

Narasi bahwa Presiden Jokowi akan membagikan speaker bluetooth gratis pada akhir masa jabatannya adalah HOAKS. Tidak ada pernyataan resmi dari Presiden Jokowi tang mendukung narasi, Jokowi akan membagikan speaker bluetooth gratis di akhir masa jabatan.

ALIFAH OLIVIA

share it
Facebook
Twitter
LinkedIn
Reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *