WhatsApp Image 2024-04-16 at 15.51.35 (2)

Waspada Terhadap Informasi Salah Pada Vaksin, Tips Mengenal Vaksin Pada Anak


Vaksin merupakan obat yang melatih sistem imun tubuh untuk melawan penyakit yang belum pernah terjadi sebelumnya. Vaksin dimaksudkan untuk mencegah penyakit dan ini jelas lebih baik daripada mengobati infeksinya terlebih dahulu. Berbagai macam informasi yang telah beredar di media sosial terhadap vaksin terutama vaksin pada anak. Hal ini sebagai orang tua tentunya menimbulkan kekhawatiran dan masyarakat umum untuk memicu penolakan terhadap vaksinasi yang penting untuk mencegah penyakit serius. Oleh karena itu, pentingnya untuk senantiasa waspada dan mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam mengenali tips vaksin pada anak:

  1. Konsultasikan Dengan Dokter 

Sebelum memutuskan untuk memvaksinasi anak, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter anak terpercaya. Berikan informasi akurat yang disesuaikan dengan status kesehatan anak dan kebutuhan spesifiknya.

  1. Mengetahui Manfaat Vaksinasi Pada Anak

Manfaat vaksinasi  dalam melindungi anak dari penyakit serius sangatlah besar. Hal ini termasuk melindungi anak dari penyakit yang dapat mengakibatkan komplikasi serius dan kematian.

  1. Mengetahui Tentang Efek Samping Yang Umum 

Meskipun sebagian besar efek samping vaksin pada masa kanak-kanak bersifat ringan dan sementara, penting untuk mewaspadai efek samping yang mungkin terjadi. Ini termasuk kemerahan atau bengkak di tempat suntikan, demam ringan, atau dalam kasus yang jarang terjad yakni reaksi alergi.

  1. Mendapatkan Vaksin Pada Anak Dari Sumber Terpercaya

Pastikan vaksin yang diberikan kepada anak berasal dari sumber yang memiliki reputasi baik, seperti fasilitas layanan kesehatan bersertifikat atau dokter  terlatih. Hindari membeli vaksin dari sumber yang keandalannya tidak jelas.

share it
Facebook
Twitter
LinkedIn
Reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *